Selasa, 15 November 2016



ANALISA SISTEM ONLINE YANG BERHUBUNGAN DENGAN SIA

PERUSAHAAN AIRASIA

AirAsia
Merupakan maskapai penerbangan yang terdepan di Asia yang didirikan dengan impian untuk membuat semua orang dapat terbang dengan pesawat. Sejak 2001, AirAsia telah dengan mulus mendobrak norma bepergian keliling dunia dan telah meningkatkan posisinya menjadi yang terbaik di dunia. Dengan jaringan rute yang membentang di lebih dari 20 negara, AirAsia terus membangun jalur menuju penerbangan berbiaya hemat dengan solusi inovatif, proses yang efisien dan pendekatan kami terhadap dunia bisnis yang penuh dengan semangat. AirAsia siap membawa konsep terbang dengan biaya hemat ke level yang baru. Slogan AirAsia adalah  “Sekarang Siapapun Bisa Terbang (Now Everyone Can Fly)”.
 Layanan AirAsia Group menjangkau jaringan paling luas di seluruh Asia & Australia yang tersusun dari afiliasi maskapai penerbangan berikut:
1.      AirAsia X,
2.      Thai AirAsia
3.      AirAsia Indonesia.
4.      AirAsia Berhad (Malaysia)
5.      Philippines’ AirAsia
6.      AirAsia India
7.      AirAsia Zest
8.      Thai AirAsia X
9.      Indonesia AirAsia X
Nilai Lebih AirAsia
AirAsia dapat membuat model biaya hemat  melalui implementasi dari berbagai strategi kunci sebagai berikut:
  • Utamakan Keselamatan
  • Pemanfaatan Aircraft
    Waktu perputaran (turn around time) tercepat di region dengan hanya 25 menit, memastikan tarif terhemat dan produktivitas yang tinggi.
  • Tarif Hemat, Tanpa Embel-embel
  • Pengoperasian Sederhana
  • Sistem Distribusi yang Ringkas
  • Jaringan Point to Point
    Menerapkan jaringan point to point agar pengoperasian menjadi sederhana dengan berbiaya yang rendah.
I.                   TIPE SISTEM
Air Asia menggunakan tipe sistem Business-to-Cunsumer (B2C) yang merupakan jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produk barang atau dalam bentuk jasa ke konsumen secara online. Disini pihak produsen akan melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produk atau jasa ke konsumen. Produsen hanya menjual atau memasarkan produk ataupun jasanya dan pihak konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli dan tanpa melalui pihak ketiga atau perantara.
II.                MODEL SISTEM
AirAsia menggunakan model system E tailer yaitu menjual produk atau jasa secara langsung kepada konsumen. Merupakan perusahaan dengan penjualan melalui online dan konsumen hanya perlu terhubung ke internet untuk melihat  barang dagang atau pelayanan jasa yang diberikan pihak produsen dan menyampaikan bagaimana cara memesan suatu layanan jasa atau membeli produk.
III.             JENIS PENDAPATAN
Jenis pendapatan perusahaan AirAsia melalui sales revenue, yaitu diantaranya penjualan melalui tiket penerbangan maskapai pesawat AirAsia yang dimulai dari rute perjalanan lokal hingga perjalanan antar negara.  Dalam kegiatan penjualan tiket pesawat, pihak AirAsia juga terdapat menawarkan harga harga yang sangat memikat konsumen, misal harga pesawat yang murah atau sedang adanya promosi mengantarkan konsumen terbang dari suatu daerah ke daerah tertentu. Selain itu juga AirAsia juga menawarkan layanan pemesanan tiket hotel yang harganya juga sangat murah dan cocok untuk para traveller yang sedang berlibur atau berpergian dengan pembelian tiket pesawat dan juga penginapan.

Muhammad Fikri Haikal
(C1C015056)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar