ANALISA SISTEM ONLINE YANG BERHUBUNGAN DENGAN SIA
PERUSAHAAN AIRASIA
AirAsia
Merupakan
maskapai penerbangan yang terdepan di Asia yang didirikan dengan impian untuk
membuat semua orang dapat terbang dengan pesawat. Sejak 2001, AirAsia telah
dengan mulus mendobrak norma bepergian keliling dunia dan telah meningkatkan
posisinya menjadi yang terbaik di dunia. Dengan jaringan rute yang membentang
di lebih dari 20 negara, AirAsia terus membangun jalur menuju penerbangan
berbiaya hemat dengan solusi inovatif, proses yang efisien dan pendekatan kami
terhadap dunia bisnis yang penuh dengan semangat. AirAsia siap membawa konsep
terbang dengan biaya hemat ke level yang baru. Slogan AirAsia adalah
“Sekarang Siapapun Bisa Terbang (Now Everyone Can Fly)”.
Layanan AirAsia Group menjangkau jaringan
paling luas di seluruh Asia & Australia yang tersusun dari afiliasi
maskapai penerbangan berikut:
1. AirAsia
X,
2. Thai
AirAsia
3. AirAsia
Indonesia.
4. AirAsia Berhad (Malaysia)
5. Philippines’ AirAsia
6. AirAsia India
7. AirAsia Zest
8. Thai AirAsia X
9.
Indonesia AirAsia X
Nilai Lebih AirAsia
AirAsia
dapat membuat model biaya hemat melalui implementasi dari berbagai
strategi kunci sebagai berikut:
- Utamakan Keselamatan
- Pemanfaatan
Aircraft
Waktu perputaran (turn around time) tercepat di region dengan hanya 25 menit, memastikan tarif terhemat dan produktivitas yang tinggi. - Tarif Hemat, Tanpa Embel-embel
- Pengoperasian Sederhana
- Sistem Distribusi yang Ringkas
- Jaringan
Point to Point
Menerapkan jaringan point to point agar pengoperasian menjadi sederhana dengan berbiaya yang rendah.
I.
TIPE SISTEM
Air Asia menggunakan
tipe sistem Business-to-Cunsumer (B2C) yang merupakan jenis bisnis yang
dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti antara produsen yang menjual
dan menawarkan produk barang atau dalam bentuk jasa ke konsumen secara online.
Disini pihak produsen akan melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan
produk atau jasa ke konsumen. Produsen hanya menjual atau memasarkan produk
ataupun jasanya dan pihak konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli dan tanpa
melalui pihak ketiga atau perantara.
II.
MODEL SISTEM
AirAsia menggunakan
model system E tailer yaitu menjual
produk atau jasa secara langsung kepada konsumen. Merupakan perusahaan dengan
penjualan melalui online dan konsumen hanya perlu terhubung ke internet untuk
melihat barang dagang atau pelayanan jasa yang diberikan pihak produsen
dan menyampaikan bagaimana cara memesan suatu layanan jasa atau membeli produk.
III.
JENIS
PENDAPATAN
Jenis pendapatan perusahaan AirAsia melalui sales revenue,
yaitu diantaranya penjualan melalui tiket penerbangan maskapai pesawat AirAsia
yang dimulai dari rute perjalanan lokal hingga perjalanan antar negara. Dalam kegiatan penjualan tiket pesawat, pihak
AirAsia juga terdapat menawarkan harga harga yang sangat memikat konsumen, misal
harga pesawat yang murah atau sedang adanya promosi mengantarkan konsumen
terbang dari suatu daerah ke daerah tertentu. Selain itu juga AirAsia juga
menawarkan layanan pemesanan tiket hotel yang harganya juga sangat murah dan
cocok untuk para traveller yang sedang berlibur atau berpergian dengan
pembelian tiket pesawat dan juga penginapan.
Muhammad Fikri Haikal
(C1C015056)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar